WhatsApp menaikkan usia minimum penggunaan di Eropa menjadi 16 tahun sebelum perubahan hukum data

WhatsApp, layanan perpesanan populer yang dimiliki Facebook Inc, menaikkan usia minimumnya dari 13 menjadi 16 di Eropa untuk membantunya mematuhi aturan privasi data baru yang mulai berlaku bulan depan.

WhatsApp akan meminta pengguna Eropa untuk mengonfirmasi bahwa mereka setidaknya berusia 16 tahun ketika mereka diminta untuk menyetujui persyaratan layanan baru dan kebijakan privasi yang disediakan oleh entitas baru WhatsApp Ireland Ltd dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak jelas bagaimana atau jika batas usia akan diperiksa mengingat data terbatas yang diminta dan dipegang oleh layanan.

Facebook, yang memiliki kebijakan data terpisah, mengambil pendekatan yang berbeda untuk remaja berusia antara 13 dan 15 untuk mematuhi undang-undang Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR).

Mereka diminta untuk mencalonkan orang tua atau wali untuk memberikan izin bagi mereka untuk berbagi informasi di platform, jika tidak mereka tidak akan melihat versi platform media sosial yang sepenuhnya dipersonalisasi.

Tapi WhatsApp, yang memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna pada Januari menurut Facebook, mengatakan dalam posting blog itu tidak meminta hak baru untuk mengumpulkan informasi pribadi dalam perjanjian yang telah dibuat untuk Uni Eropa.

“Tujuan kami hanyalah menjelaskan bagaimana kami menggunakan dan melindungi informasi terbatas yang kami miliki tentang Anda,” katanya.

WhatsApp, didirikan pada tahun 2009, telah mendapat tekanan dari beberapa pemerintah Eropa dalam beberapa tahun terakhir karena sistem pesan terenkripsi end-to-end dan rencananya untuk berbagi lebih banyak data dengan induknya, Facebook.

Facebook sendiri berada di bawah pengawasan dari regulator dan pembuat undang-undang di seluruh dunia sejak mengungkapkan bulan lalu bahwa informasi pribadi jutaan pengguna keliru berakhir di tangan konsultan politik Cambridge Analytica, yang memicu kekhawatiran yang lebih luas tentang bagaimana menangani data pengguna.

Usia penggunaan minimum WhatsApp akan tetap 13 tahun di seluruh dunia, sejalan dengan orang tuanya.

GDPR adalah perombakan terbesar privasi online sejak kelahiran internet, memberi orang Eropa hak untuk mengetahui data apa yang disimpan pada mereka dan hak untuk menghapusnya.

Apple Inc dan beberapa perusahaan teknologi lainnya mengatakan mereka berencana memberi orang di Amerika Serikat dan di tempat lain perlindungan dan hak yang sama yang akan didapatkan oleh orang-orang Eropa.

Regulator Eropa telah terganggu langkah oleh WhatsApp untuk mengubah kebijakannya agar memungkinkan untuk berbagi nomor telepon pengguna dan informasi lainnya dengan Facebook untuk membantu meningkatkan produk dan lebih efektif menargetkan iklan.

WhatsApp menangguhkan perubahan di Eropa setelah pengawasan regulasi yang luas. Dikatakan pada hari Selasa masih ingin berbagi data di beberapa titik.

“Seperti yang kami katakan di masa lalu, kami ingin bekerja lebih dekat dengan perusahaan Facebook lainnya di masa depan dan kami akan terus memperbarui Anda saat kami mengembangkan rencana kami,” katanya.

Perubahan lain yang diumumkan oleh WhatsApp pada hari Selasa termasuk memungkinkan pengguna mengunduh laporan yang merinci data yang dipegangnya, seperti pembuatan dan model perangkat yang mereka gunakan, kontak dan grup mereka, serta nomor yang diblokir.

“Fitur ini akan diluncurkan ke semua pengguna di seluruh dunia pada versi terbaru aplikasi,” katanya.

Entri blog juga menunjukkan kiat keamanan pada layanan, seperti kemampuan untuk memblokir pengguna yang tidak diinginkan, dan menghapus serta melaporkan spam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *